Sabtu, 20 Oktober 2007

Buka Mata

Ditemukan secara tidak sengaja...

Hai temanku...tau gak sich sejarahnya peluit? Itu tuh yang suka digunakan wasit dalam pertandingan sepak bola maupun pertandingan lain. Gini nich sajarahnya. Di abad ke-18 wasit yang memimpin partai sepak bola menggunakan sapu tangan yang dilambaikan untuk menarik perhatian para pemain. Cara itu dinilai tadak efektif. Banyak pemain yang tidak melihat tanda itu karana pandangan terlalu fokus kepada bola/lawan.
Adalah pembuat perkakas asal Birmingham (Inggris) yang juga pencipta dan pembuat alat musik, Joseph Hudson yang menemukan paluit. Itu terjadi secara kebetulan. Alat musik yang dimainkannya terjatuh dan menimbulkan suara melengking. Hudson lalu tertarik untuk membuat alat yang bisa berbunyi serupa.
Peluit pertama kali digunakan oleh polisi, kru kapal, dan ajang balap lari. Baru pada tahun 1875 peluit khusus sapak bola dibuat. Partai pertama yang dipimpin wasit yang menggunakan bantuan peluit terjadi di Nottingham pada tahun 1878. Sejak itu, Hudson mendirikan perusahaan "HUDSON & Co" yang memproduksi lebih dari 170 juta buah peluit.

Tidak ada komentar: