Sabtu, 20 Oktober 2007

Sekilas info

JERUSALEM KOTA SUCI TIGA AGAMA

Jerusalem sebuah kota tua di kawasan konflik Palestina dan Israel. Sebuah kota yang di bangun sekitar 4000 tahun silam di zaman kejayaan orang yahudi yang sering disebut Bani (umut) Israel. Menurut orang yahudi, di kota ini berdiri tegak Bait Allah (rumah tuhan), tempat para imam besar berdoa dan berdialog dengan Allah.
Tetapi di kota ini pula berdiri sebuah tempat peribadatan bagi umat islam serta gereja tua tempat peribadatan umat kristen. Itulah sebabnya hingga sekarang kota Jerusalam di percaya sebagai kota suci bagi umat islam, kristen dan orang yahudi.
Jerusalem memang sebuah kota tua yang paling indah, yang punya makna sejarah bagi umat beragama sedunia. Paling tidak kota suci bagi ketiga kelompok agama itu. Di kawasan Kota Jerusalem ini berdiri tempat-tempat suci seperti Gereja Makam Suci (Church of thr Holly Spalchure), Masjid Al-Aqsa. Di komplek Mesjid Al-Aqsa ini terdapat tiga buah masjid dan kubah batu yang di tengah-tengahnya terdapat batu cadas. Konon batu tersebut di anggap sebagai landasan kuda Buraq yang dipakai Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi'raj. Sementara bagi umat kristen adalah tempat berdirinya Metzhak yang di bangun Ibrahim sebagai tempat persembahan anaknya Yitzhak, untuk memenuhi perintah Tuhan, tetapi kemudian Allah memberikan seekor anak domba tambun untuk di persembahkan Ibrahim pada Allah menggantikan Yitzhak.

Tidak ada komentar: