Senin, 22 Oktober 2007

Ingin Tau....kawan?

Alexander Gustave Eiffel Sang Arsitek Menara Eiffel

Menara Eiffel setinggi 315 m yang berada di kota Paris, Prancis merupakan kebanggaan masyarakat Paris. Adapun nama Eiffel sendiri diambil dari nama perancangnya.
Alexander lahir di Dijio, Prancis pada tahun 1832. Ia lulus dari Ecole Centrate des Arts et Manufactures (sekolah pusat seni dan rancang bangun) di Paris pada tahun 1855. sehingga ia pun menjadiseorang Insinyur. Ia bergabung dengan sebuah Perusahaan Belgia yang menangani kereta api. Pekerjaan hebatnya adalah pembangunan jembatan besi Kereta Api, di atas Sungai Garonne, Bordeaux pada tahun 1858.
Pada tahun 1867 ia mendirikan perusahaan sendiri. Perusahaan menangani pembangunan jembatan, bendungan, dan pelabuhan. Ia juga mengerjakan beberapa proyek besar seperti, membuat kerangka Patung Liberty di New york, Amarika Serikat.
Ia mulai mengerjakan Menara Eiffel mulai tahun 1887 dan tahun 1889. menara Eiffel didirikan untuk memperingati 100 tahun Revolusi Prancis. Menjelang peringatan itu. diadakan perlonbaan untuk mendesain bangunan. Ada sekitar 700 rancangan dalam lomba tersebut, dan tanpa di duga, rancangan Eiffel lah yang terpilih.
Eiffel merancang desain menara ini berdasarkan pengalaman yang didapatnya ketika membangun jembatan-jembatan Kereta Api. Di masa tuanya, Eiffel mempelajari radio telegrafi, Meteorology, dan aerodinamika. Ia meninggal tanggal 27 Des 1928.

Tidak ada komentar: